Senin, 11 Juni 2012

Pandangan Friedman Mengenai Teori Kuantitas


Friedman menyatakan bahwa teori kuantitas berkembang mula-mula dari versi transaksi, versi income, dan yang terakhir adalah versi Cambridge. Dalam penjelasannya, Friedman mengatakan bahwa teori kuantitas memiliki nilai elastisitas nol (e= 0) terhadap tingkat suku bunga. Meskipun Friedman menyatakan bahwa bahwa secara empiris fungsi permintaan uang tidak memiliki elastisitas yang tinggi terhadap tingkat bunga, tetapi Friedman sebenarnya mengikuti kerangka Keynes dalam menyusun teorinya.
A.    Teori Friedman dalam Kerangka Teori Kuantitas
Friedman salah menfasirkan teori kuantitas dengan membedakan persaman Fisher dengan versi income di mana y merupakan tingkat pendapatan riil dan V adalah velositas uang beredar. Friedman mengatakan kedua versi tersebut memilki konsep mengenai tentang peranan uang beredar yang berbeda.
Friedman juga melakukan anggapan yang salah yang tidak terdapat pada teori kuantitas, yaitu anggapan bahwa dalam jangka pendek tingkat pendapatan riil konstan dan hanya tingakta harga yang berubah.

B.     Teori Friedman dalam Ekonomi Keynes
Menurut Friedman, dalam jangka pendek Keynes mengansumsikan bahwa tingkat harga stabil/tetap, dan mengansumsikan pada kasus pengangguran, terjadi nilai absolut dan kekakuan tingkat harga. Untuk memperkuat argumentasinya tentang kekauan tingkat upah dan harga dalam teori Keynes, Friedman mengatakan bahwa semua variabel  diukur dalam unit tingkat upah.  Kesimpulan tersebut salah karena Friedman mengabaikan pernyataan Keynes tentang implikasi fleksibilitas harga dan tingkat upah dalm anlisisnya. Keynes menyatakan bahwa penurunan tingkat harga akibat tekanan pengangguran diharapkan akan dapat meningkatkan kesempatan kerja. Tetapi Keynes mengatakan bahwa dengan sarana kebijaksanaan, tingkat upah yang fleksibel saja tidak menjamin tercapainya full employement. Jadi konsep tentang kekauan tingkat upah buikanmerupakan asumsi dari analisa Keynes seperti yang dinyatakan Friedman, tapi lebih merupakan kesimpulan kebijaksanaan yang diusulkan oleh Keynes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar